Sabtu, 14 April 2012

Posisi Tidur :: Cara Tidur yang Baik Dapat Terhindar dari Sakit Punggung


Posisi Tidur :: Cara Tidur yang Baik Dapat Terhindar dari Sakit Punggung



Posisi Tidur  Cara Tidur yang Baik Dapat Terhindar dari Sakit Punggung. Posisi tidur yang baik berikut bisa anda jadikan sebagai pengetahuan bagaimana seharusnya memperhatikan posisi tidur anda. Tidur yang baik akan membuat anda terhindar dari rasa sakit punggung dan pegal-pegal. Posisi tidur yang kita lakukan sehari-hari jelas tidak selalu sesuai dengan posisi tidur yang baik. Kita biasanya tidur dengan posisi seenak dan senyaman kita. Yang terpenting bagaimana caranya kita bisa tertidur pulas. Jika kita tinjau lebih jauh, tidur juga memiliki aturan-aturan tertentu yang penting sekali untuk kita ketahui. Namun kebanyakan orang tidak menyadari hal ini.

Besarnya tingkat kesibukan seseorang terkadang membuat kita kurang istirahat. Kita seringkali berangkat pagi untuk melakukan aktifitas diluar rumah. Pulangnya pun hingga sore atau hampir larut malam dengan kondisi badan lesu dan wajah yang tidak segar lagi. Untuk itu kita membutuhkan relaksasi agar tubuh tetap segar dan tidak stress. Cara paling tepat yang harus anda lakukan adalah tidur.

Tidur adalah suatu keharusan bagi kita dan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh tubuh manusia. Tidur merupakan istirahat paling baik yang sangat ampuh menghilangkan stress dan menenangkan pikiran. Tentunya dengan cara tidur yang baik, tidur anda akan lebih nyaman dan akan membuat tubuh anda lebih sehat. Juga untuk mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh setelah seharian tenaga terkuras melakukan aktifitas.

Manusia memiliki waktu ideal untuk tidur yakni 7 jam per hari. Hasil penelitian ini dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kedokteran WVU (West Virginia University’s). Yang menyebutkan orang yang tidur kurang dari 7 jam per hari akan berisiko mengalami penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Penelitian tersebut juga menyimpulkan orang yang berusia 50 tahun kebawah yang tidur kurang dari 7 jam per hari, dua kali lebih mudah terserang penyakit jantung dari pada orang yang tidur lebih dari 7 jam per hari.

Disamping kita memiliki waktu ideal untuk tidur, cara tidur kita pun sangat mendukung untuk kesehatan tubuh. Dengan beberapa pengetahuan tentang bagaimana posisi tidur yang baik yang akan saya bahas di bawah ini, anda akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan anda. Sebagai umat Rasulullah Muhammad saw, kita sudah seharusnya meniru cara tidur beliau. Karena cara tidur Rasulullah merupakan yang paling baik yang sangat proporsional dan bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Berikut beberapa posisi tidur yang baik yang sangat mudah anda pahami untuk dicoba di rumah :

1.      Jika anda pekerja berat yang sering pulang malam atau habis bepergian jauh, sebaiknya anda mandi dahulu sebelum tidur. Anda bisa cuci muka, menyikat gigi dan membasuh kaki jika anda malas mandi. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit anda terasa segar dan otot tubuh anda nyaman.
2.      Tidurlah dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, usahakan dalam kamar tidur anda memiliki penerangan yang cukup agar terasa nyaman, tenang dan membuat mata anda tidak panas dan mudah terlelap.
3.      Biasakanlah menggunakan pakaian yang terbuat dari kain lembut dan longgar/tidak ketat agar peredaran darah dalam tubuh lancar.
4.      Lepaslah seluruh aksesoris atau perhiasan yang anda pakai sebelum tidur. Ini baik dilakukan agar benda-benda tersebut tidak mengganggu aliran darah dalam tubuh anda di waktu tidur.
5.      Tidur yang baik sesuai dengan cara tidur Rasulullah, kita dianjurkan agar tidur miring ke kanan. Hal ini bertujuan supaya pencernaan pada lambung lebih cepat. Selain itu, tidur miring ke kanan memiliki beberapa fungsi seperti:
-         Mencegah jatuhnya lidah ke tenggorokan yang bisa menghambat lancarnya pernafasan. Ini juga menghindari agar tidak mendengkur. Orang yang tidur mendengkur akan kekurangan oksigen yang berakibat kepala pusing saat bangun. Hal ini sangat tidak baik untuk tidur kita.
-         Tidur miring ke kanan akan mencegah jantung tertimpa organ lain dalam tubuh karena seperti yang kita ketahui posisi jantung ada di sebelah kiri.
-         Tidur miring ke kanan akan terasa nyaman karena paru-paru kanan lebih besar dari pada paru-paru kiri. Jadi hindarilah tidur miring ke kiri. Jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil dan ini sangat tidak baik bagi kesehatan pernafasan anda.
6.      Luruskanlah punggung pada saat tidur karena akan melancarkan peredaran darah.
7.      Jika anda pekerja berat yang sering pulang malam, cobalah untuk tidur lebih awal dari biasanya dan rasakan perbedaan kesegaran badan anda setelah bangun pagi keesokan harinya. Intensitas waktu tidur yang cukup akan membuat badan anda lebih segar.

Tips sehat posisi tidur yang baik di atas dapat anda jadikan info positif yang bisa merubah kebiasaan tidur anda jadi lebih baik. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan oleh yang maha kuasa. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BEYONCE

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info